CARA MEMBUAT GAME DI ANDROID

CARA MEMBUAT GAME DI ANDROID

Industri pengembangan game seluler telah memperkenalkan aspek yang sangat penting ke pasar – kemampuan untuk membuat konsep, mengembangkan, dan merilis video game di perangkat yang jauh lebih sukses dan mudah daripada sebelumnya.

Dan dengan pasar aplikasi Android yang hanya membutuhkan biaya satu kali untuk mengirimkan aplikasi, biaya menjadi hampir dapat diabaikan untuk mengeluarkan produk bagi jutaan pelanggan untuk ditemukan. Bahkan proses pengirimannya secara drastis lebih singkat daripada kebanyakan smartphone lain, karena regulasi aplikasi jauh lebih lunak untuk OS Android.

Poin menarik lain untuk mengembangkan game di perangkat Android adalah bahasa pemrograman unggulan- Java. Java telah lama menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer untuk pengembang video game, dan karenanya sangat mudah bagi programmer rata-rata untuk mempelajari pengembangan Android untuk pertama kalinya.

Dibandingkan dengan kebanyakan platform seluler lainnya, yang biasanya menggunakan bahasa modifikasi atau bahasa yang baru ditemukan, kurva pembelajarannya berkurang hingga hampir tidak ada, sehingga pengembang baru dapat menyelesaikan game dalam waktu singkat.

Aspek unik lain untuk pengembangan game Android adalah kurangnya standardisasi dalam keluarga ponsel droid. Karena OS Android tidak dilisensikan kepada satu perusahaan pembuat ponsel, ponsel itu sendiri dapat sangat bervariasi dalam hal fitur dan spesifikasi perangkat keras.

Meskipun satu perangkat mungkin memiliki A-GPS yang berfungsi penuh dan kompatibilitas video HDMI, perangkat lain mungkin memiliki keyboard QWERTY dan tidak ada GPS sama sekali. Meskipun hal ini menarik bagi beberapa pengembang, karena mereka cenderung menemukan ponsel yang akan memenuhi kebutuhan perangkat keras mereka dengan tepat, hal ini juga akan membatasi audiens potensial, karena beberapa ponsel tidak akan dapat mendukung aplikasi yang lebih kompleks.

Ketika proses pengembangan game akhirnya mencapai titik di mana ia dapat dirilis ke publik, pengembang dihadapkan pada pilihan lain- di pasar mana game tersebut paling terlihat? Tidak seperti iOS, ada banyak pasar dan toko aplikasi untuk ponsel Android, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Dari pasar Android dasar, dibangun untuk hanya menampilkan aplikasi yang kompatibel dengan telepon yang sedang digunakan, ke toko aplikasi Amazon, yang menawarkan aplikasi gratis yang berbeda setiap hari, segudang strategi pemasaran bisa jadi hampir menakutkan, yang menjadikannya semua lebih bermanfaat bahwa sebuah aplikasi hampir selalu dapat masuk ke banyak pasar tanpa masalah. Namun, apakah masuk akal untuk menyebarkan perhatian ke beberapa bidang yang berbeda adalah pertanyaan yang sama sekali berbeda.

Proses pengembangan game Android secara keseluruhan benar-benar memberikan variasi yang paling banyak di pasar smartphone. Dari awal hingga akhir, strategi dapat disesuaikan dengan keinginan pengembang, membuat game sedekat mungkin dengan konsep asli saat ini.

Meskipun audiensnya mungkin tidak sebesar pengguna iPhone, Android menampilkan dirinya sebagai pesaing yang kuat, murni melalui aksesibilitasnya. Dan dengan variasi smartphone terbesar di pasar saat ini, kemungkinan untuk pengembangan tidak ada habisnya, dan rilis berkelanjutan hanya dapat menambah kemampuan yang ditawarkan platform.

IKUTI KURSUS MEMBUAT GAME ANDROID

Buat kalian yang mau ikut kursus online membuat game android bisa kunjungi situs kami di ITech Academy. Mudah, Murah dan Cepat dimana kalian dapat menjualnya di AppStore.