Cara membuat Game dengan Coding

Cara membuat Game dengan Coding

Belajar teknik buat game dari nol ialah sebuah proses yang mengasyikkan dan berguna. Dengan naiknya popularitas game android, tidak sedikit orang di semua dunia hendak menjual dan menciptakan game mereka sendiri. Ada tidak sedikit video game untuk sekian banyak  macam platform dan sistem operasi. Game-game ini diciptakan dengan teknik yang bertolak belakang namun konsepnya sama.

Anda mesti belajar teknik coding paling tidak memakai satu bahasa pemrograman sebelum kamu dapat menciptakan game kamu sendiri, terutama jika kamu ingin belajar teknik kustomisasi tampilan dan konsep game anda. Bahasa pemrograman ialah dasar utama dari penciptaan game, dan belajar teknik buat game dari nol memerlukan pengetahuan soal coding.

Dalam tutorial ini akan diterangkan prinsip-prinsip utama dalam penciptaan video game. Selain tersebut ada langkah-langkah yang mesti kamu ikuti bila kamu ingin menciptakan game kamu sendiri. Anda pun akan diperkenalkan dengan bahasa pemrograman yang mesti dipakai untuk dapat menciptakan game dalam platform yang berbeda-beda. Terakhir, ada sejumlah tips dan masukan soal sejumlah hal beda yang mesti kamu pelajari bila kamu benar-benar serius belajar teknik buat game tanpa melulu sekedar membuatnya dari template.

Pembuatan Game vs Desain Game

Sebelum membahas tahapan utama yang mesti kamu lalui untuk menciptakan game dari nol, sangat urgen untuk mengetahui perbedaan dari menciptakan game dan mendesain game. Ingat bahwa kamu harus memahami dua-duanya jika kamu ingin belajar menciptakan game kamu sendiri.

Secara sederhana, desain game mengacu pada desain artistik dari suatu video game. Desainer game menguras waktu mereka untuk menciptakan aspek konsep suatu game. Mereka menciptakan detail bagaimana game itu bereaksi di bawah situasi tertentu, dan pun apa yang mesti dilaksanakan untuk menciptakan game itu menjadi versi yang terbaik.

Di sisi lain, pembuat game (atau pun programmer game) ialah orang-orang yang bertanggung jawab untuk menciptakan coding supaya video game itu berjalan cocok dengan konsep. Dalam tutorial ini, anda akan konsentrasi membahas soal teknik coding video game. Sangat urgen bahwa kamu harus tahu desain game kamu sebelum kamu dapat menciptakan coding.

Anda bisa menjadi seorang desainer game dan pun programmer game pada ketika yang bersamaan. Malah faktanya, suatu desain game dan proses pembuatannya dapat dilaksanakan beriringan bila kamu membuat game yang sederhana.

Apa Saja Langkah Cara Buat Game?

Pertama-tama, belajar teknik membuat game kamu sendiri bisa terlihat susah dan menantang. Anda barangkali terintimidasi dan akhirnya memberikan proyek kamu kepada orang yang lebih ahli. Ini tidak dianjurkan. Anda mesti berjuang untuk belajar teknik membuat game dari dasar. Cara ini tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Dengan begitu, berikut ialah sebuah panduan tahapan demi tahapan yang bisa membantu kamu belajar teknik buat game kamu sendiri. Perhatikan bahwa setiap proses bergantung dari tipe game yang kamu buat dan pun pada platform yang kamu pilih. Berikut ini ialah beberapa urusan yang mesti kamu perhatikan.

Langkah 1: Lakukan Riset & Konseptualisasi Game Anda

Langkah kesatu yang mesti kamu lakukan untuk menciptakan game ialah merenungkan tipe game apa yang kamu ingin buat. Lakukan penelitian dan cari tahu ketrampilan apa yang kamu butuhkan guna menjadikan game ini kenyataan. Perhatikan pun fitur apa yang akan kamu bangun dalam game ini.

Jika kamu serius guna belajar teknik buat game, maka ada sejumlah kursus yang dapat kamu ambil. Sebagai contoh, bila kamu tertarik menciptakan game 2D Role-Playing, disarankan untuk belajar teknik membuat game 2D dalam kursus Unity ini.

Atau, bila kamu adalahpenggemar game “The Legend of Zelda”, Panduan Lengkap guna Membuat Video Game laksana “The Legend of Zelda” paling direkomendasikan. Kursus ini bakal mengajarkanmu teknik membuat game RPG simpel dengan Unity dan Blender. Dengan memungut kursus ini anda akan memperoleh kemahiran Unity, C# dan Blender secara sekaligus!

Langkah 2: Buatlah Sebuah Dokumen Desain

Setelah kamu membuat konseptualisasi dari tampilan yang kamu inginkan, maka kamu harus menciptakan sebuah dokumen desain. Bagi banyak sekali orang, dokumen desain ialah sebuah garis besar singkat dari suatu game, seperti contohnya konsep tampilan, serta apa yang mesti kamu lakukan untuk menciptakan game tersebut.

Ketika kamu membuat suatu dokumen desain, pertimbangkan sejumlah hal inilah ini:

Ketrampilan yang kamu miliki. Anda barangkali harus menunaikan mahal guna memperkerjakan orang beda karena kamu tidak mempunyai ketrampilan yang dibutuhkan.

Bahasa yang akan kamu gunakan. Poin ini bakal membantu kamu membuat spesifikasi proses penciptaan game.

Tampilan serta fitur game tersebut.

Apakah kamu ingin menambahkan update dan fitur baru di masa depan. Jika iya, maka kamu harus memperkirakan apa saja yang mesti dilakukan.

Setelah kamu menyusun dokumen desain, maka waktunya kamu terjun dalam bahasa pemrograman!

Langkah 3: Menentukan Software

Langkah terakhir yang kamu butuhkan supaya game kamu dapat bekerja dengan baik ialah menilai software. Beberapa game Android tidak memerlukan software yang spesifik. Anda justeru mungkin melulu membutuhkan editor dan compiler saja. Di sisi lain, sejumlah game memerlukan software spesifik untuk menciptakan desain dan gambar 3D. Software ini mahal sehingga kamu harus menata ulang budget anda.

Anda pun membutuhkan komputer dengan prosesor yang berbobot | berbobot | berkualitas dan RAM yang besar guna dapat menjalankan aplikasi yang diperlukan untuk menciptakan game.

Langkah 4: Memulai Pemrograman

Setelah kamu mengunduh aplikasi yang dibutuhkan, maka kini waktunya guna mulai coding! Biarpun sejumlah game perumahan membutuhkan software pembuat game, ada sejumlah game seluler yang tidak membutuhkannya. Cukup tentukan bahasa pemrograman yang akan kamu pakai dan mulailah membuat!

If you want to create something with a lot of variabilities, such as an RPG game, then you should look at the Jika kamu ingin menciptakan game dengan variasi yang tidak sedikit seperti contohnya game RPG, maka kamu harus menyaksikan tutorial Unity Video Game. Kursus ini mempunyai pembahasan 28 jam soal teknik membuat video game dengan Unity editor.

Anda pun dapat menciptakan game dengan menggunakan software pembuat game yang lebih simpel seperti contohnya PhoneGap. Anda bisa membuat software game seluler tanpa menghabiskan tidak sedikit waktu. Pelajari teknik membuat game seluler dalam tutorial PhoneGap ini. Dengan PhoneGap, kamu dapat menciptakan game simpel dengan memakai JavaScript, HTML, dan CSS. Coba bayangkan bila kamu dapat melakukannya!

Langkah 5: Tes Game kita & Mulailah Memasarkannya!

Setelah game kamu selesai, maka kamu harus mengerjakan tes dan mulai menjualnya! Langkah kesatu ialah melakukan tes supaya anda bisa menyingkirkan bug. Proses ini bisa memakan masa-masa yang lama, jadi pastikan kamu punya tidak sedikit waktu guna berkonsentrasi mengerjakan tes.

Proses marketing sendiri tidak terlampau sulit. Lebih baik untuk mencarter seorang konsultan pemasaran, lagipula jika kamu tidak punya empiris marketing sebelumnya. Membuat orang hendak membeli game anda ialah langkah yang lebih sulit, jadi kamu dapat melakukan sejumlah hal:

Membuat website supaya orang-orang dapat melakukan pembelian dan mendownload game anda.

Membuat copy non-digital dan mendistribusikannya melewati toko game dan retailer lainnya.

Jika kamu membuat game seluler, pastikan kamu mendaftarkannya di Apple app store atau Google Playstore.

baca juga:

membuat game android di pc

Poin di atas ialah beberapa tahapan yang dapat kamu lakukan. Carilah seorang konsultan pemasaran bila kamu tidak yakin dengan strategi penjualan anda.

Kesimpulan

Belajar teknik buat game dari nol dapat menjadi suatu proses yang mengasyikkan dan menyerahkan hasil, tetapi sangat menantang. Jika kamu tertarik guna belajar coding dan menciptakan game, maka kendala ini sangat pantas untuk dihadapi. Mulailah dengan mengetahui proses yang diperlukan untuk menciptakan game. Game yang sangat sederhana juga membutuhkan khayalan dan konseptualisasi. Konsep ini mesti ditransformasi menjadi suatu dokumen desain supaya anda bisa mulai proses coding untuk menciptakan game yang kamu inginkan.

Jika kamu belum tahu teknik coding memakai satu bahasa pemrograman, maka kamu harus menguras waktu sejumlah bulan sebelum menyimpulkan untuk mulai menciptakan sebuah game. Anda pun harus mempunyai pengetahuan menggunakan software pembuat game laksana Unity. Lalu, kamu juga mesti meyakinkan bahwa kamu mempunyai orang yang dapat kamu andalkan untuk menciptakan desain game.

Di atas semuanya itu, tidak boleh biarkan cita-cita justeru mengintimidasi kamu sendiri. Mulailah dari menciptakan game sederhana, laksana game kartu, scribble atau sesuatu yang tidak rumit. Pilih salah satu kursus-kursus pengembangan game di BitDegree dan mulailah dengannya. Ingat, belajar teknik buat game dari nol bukanlah sesuatu yang dapat kamu lakukan melulu dalam satu minggu. Proses ini bakal san

artikel lainnya:

cara membuat game android dengan coding