Cara Membuat Game Berbasis Web

Cara Membuat Game Berbasis Web

Cara Membuat Game Berbasis Web– Game online adalah jenis permainan yang belakangan ini semakin popular dan banyak peminatnya . keberadaan permainan ini rupanya membawa keuntungan tersendir, terlebih juga bagi orang-orang yang mendalami cara membuat website game.  Kebosanan tidak lagi menjadi masalah selama Anda memiliki koneksi internet dan menyukai video game. Koneksi kecepatan tinggi dan teknologi baru telah menghadirkan game penuh grafis langsung ke komputer Anda secara instan dan menyenangkan seperti biasa. Banyak dari permainan ini dibuat dalam bahasa yang disebut Flash yang memungkinkan animasi 3d tanpa menggunakan terlalu banyak sumber daya di komputer Anda atau situs web itu sendiri. Artinya adalah saat yang tepat, kapan saja. Evolusi game online telah berkembang pesat dan sekarang umumnya gratis dengan pengiklan yang memilih untuk mengembangkan game dan biaya hosting.

  1. Susun rencana untuk membuat website game online

 Sama seperti game itu sendiri, website game pun juga memiliki bermacam-macam tipe. Contohnya :

  1. Website pribadi yang bisa diakses oleh orang-orang yang hendak streaming game.
  2. Website dengan server game
  3. Blog game
  4. Website yang ditunjukan khusus unt8uk developer atau publisher streaming game

Dan masih banyak lagi contoh situs permainan  yang dapat anda temukan di internet. Meskipun dengan beragam konten dan tujuan, website-website tersebut masih menjadi bagian dari web game. Untuk membuat situs web game, anda harus mempunyai ide dan gambaran terlebih dahulu untuk game tersebut. Pikirkianh apa yang menjadi fokus utama website serta konten yang hendak dipublish.

2. Menetukan nama website dan mendaftarkan domain

Mebuat situs game online berarti anda memiliki kesempatan untuk mencoba berbgai nama domain sampai menemukan pilihan yang tepat dan juga sesuai. Contohnya seperti nama website berikut yang terkesan unik Kotaku, Gematsu, Niche Gamer dll. Jadi anda bisa sekreatif mungkin dalam membuat nama website asalkan singkat, unik dan mudah untuk diingat. Setelah kalian mendapatkan nama website yang menurut kalian tepat selanjutnya adalah mengecek ketersediaan domain.

3. Beli paket web hosting

Untuk membuat situs web game, kami sarankan agar anda memilih shared hosting. Hampir semua provider menawarkan layanna hosting dengan harga cukup terjangkau. Shared hosting merupakan pilihan terbaik jika anda menginginkan hosting termurah dengan performa dan standar kemanan tinggi. Namun bila website sudah mulai melebihi kuota space yang telah ditetapkan, anda bisa mengupgrade kelayanan premium.

4. Pilih platform untuk website game

Setelah melakukan pembelian hosting dan mengikutsertakan nama domain, maka urusan selanjutnya yang butuh dipersiapkan ialah platform. Platform ialah tempat di mana kita akan menciptakan dan mengonlinekan website permainan. Untuk platform, pilihlah Sistem Manajemen Konten (CMS), laksana WordPress. Meskipun mayoritas orang tahunya platform ini melulu untuk blogging, WordPress sebenarnya dapat digunakan guna mengonlinekan nyaris semua jenis website. WordPress bisa memberikan fleksibel bagi para pengguna untuk membuat jenis situs permainan, termasuk blog, website pribadi untuk sharing streaming game atau pun situs yang memuat berbagai informasi jenis game online.  

5. Kustomisasi website game

Setelah sukses install dan aktifkan WordPress, maka tahapan selanjutnya ialah membuat konten situs, termasuk sekian banyak  halaman yang hendak disertakan ke situs (di samping beranda utama). Jika tidak tahu mesti dari mana memulainya, inilah kami berikan contohnya:

  • Halaman blog, supaya Anda dapat bertukar pikiran dengan pembaca tentang informasi game terbaru.
  • Halaman Tentang Kami (About Us), memperlihatkan informasi tentang website dan orang-orang di baliknya.

Informasi dan instruksi berhubungan server game.

Halaman dan fitur yang diinginkan dapat Anda dapatkan dengan menginstall plugin WordPress. Plugin ialah suatu tool yang memungkinkan kita untuk memakai serta mengembangkan fitur yang ditawarkan WordPress, sama seperti faedah ekstensi dan add-ons. Kini WordPress menawarkan lebih dari 50.000 plugin cuma-cuma di repositori yang resmi. Belum lagi plugin premiumnya, sudah tentu dalam jumlah banyak. Bisa dibilang WordPress mempunyai plugin untuk masing-masing jenis situs yang kita buat.